Pentingnya persatuan.


Pentingnya persatuan.


Kita sudah sama-sama mengetahui bahwa negara indonesia memiliki ribuan pulau dan ratusan suku bangsa, ini menandakan bahwa negara indonesia adalah salah satu negara yang besar, dengan beragamnya suku bangsa, maka beragam pulalah kebudayaan yang dimiliki bangsa tersebut. Untuk menyatukan bagsa yang satu dengan yang lainnya itu tidak mudah butuh perjuangan dan pengorbanan, karna setiap kebudayaan belum tentu bisa diterima oleh kebudayaan lain.


Oleh karna itu kita harus mempunyai sikap toleransi, artinya menghargai setiap kebudayaan orang lain. Karna setiap kebudayaan orang lain belum tentu semuanya buruk, terkadang setiap kebudayaan yang kita lihat bisa mengajarkan dan memberikan hal-hal yang baru untuk kita.

Dan perbedaan buakan untuk memisah kan tetapi untuk menyatukan, ingat lah bahwa negara yang berjiwa besar adalah negara yang mau bersatu, bukan negara yang ingin memecah belah kan bangsanya sendri. Karna negara yang bersatu adalah negara yang benar- benar ingin memajukan negaranya. Karna perbedaan pendapat dan pandangan bisa saja memecah belahkan bangsa. Apabila bangsa dan negara sudah berpecah belah maka tunggulah kehancurannya.ingat lah bahwa negara itu ibarat kan bangunan yang kokoh, yang terdiri dari pondasi, tiang, atap dan tembok. Jika seandainya pondasinya tidak kuat serta tiang bangunan yang rapuh maka bangunan tersebut akan cepat hancur. Begitu juga dengan negara ini, jika kita sebagai masarakatnya sudah berpecah belah baik antara masyarakat itu sendri mau pun dengan pemerintahannya. Maka kita akan sama seperti bangunan yang rapuh.  

Oleh karena itu hubungan manusia dengan warga negaranya harus memiliki sikap yang baik terhadap sesamanya, misalkan dalam kehidupan sehari hari, seseorang harus menjaga ucapannya agar tidak menyakiti hati orang lain. Menghargai pendapat orang lain dan slalu melakukan hal hal yang fositif, agar hubungan seseorang terhadap orang lain dapat berjalan dengan baik.

Karena kekuatan akar pemahaman ini amat penting untuk menopang batang, ranting, dan buahnya yang akan tumbuh diatasnya. Banyak hal ini terjadi ketika seseorang semangat untuk mengamalkan pancasila dan norma norma sangat tinggi namun tidak disadari oleh pemahaman yang kuat hal ini dapat kita lihat dalam perekonomian dan perpolitikan. sehingga dengan tidak sadar indonesia saat ini sudah mengekor pada sistem  kapitalis, neobiralis, yang bernafaskan individualis. Sehingga apabila indonesia terus seperti ini  dan tidak ada perubahan maka negara indonesia akan mengalami ketidak adilan didalam masyarakat, sehingga yang kaya makin kaya dan yang miskin bertambah miskin.

Ketahanan sebuah negara atau bangsa sangat lah penting dalam kelangsungan hidup manusia. Karna ketahanan merupakan kemampuan suatu bagsa untuk mempertahankan kesatuan bangsa indonesia serta memperkuat daya dukung kehidupannya. ketahanan nasional diartikan sebagai kondisi dinamis. Suatu bangsa yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang mengandung kemampuan mengembangkan  kekuatan nasional. dalam menghadapi segala tantangan, ancaman,hambatan, dan gangguan. baik yang datang dari dalam maupun dari luat. Adapun inti dari ketahanan nasional adalah kemampuan yang dimiliki bangsa dan negara dalam menghadapi segala bentuk ancaman.
  Jika seandainya negara indonesia tidak bersatu jelas tentu ketahanan negarapun akan melemah. Sehingga apabila ada ancaman,baik ancaman dari luar mau pun dari dalam, maka bisa saja indonesia mengalami kesulitan kesulitan dalam menghadapi ancaman tersebut. Itu lah pentingnya kita sebagai warga negara menjaga kesatuan negara republik indonesia. Agar segala tantangan dan ancaman yang masuk baik negeri sendiri maupun dari luar negeri. Dapat kita atasi secara bersama sama.

Penulis : Ahmad Ghozali, Mahasiswa STAIN Gajah Putih Takengon , Prodi Ilmu Alamiah Tafsir, Semester I

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENERAPAN NILAI – NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI

Harapan Para Tokoh di Gayo untuk Kader KAMMI Aceh Tengah

PANCASILA BAGIKU, BAGIMU, DAN BAGI KITA SEMUA