Pancasila sebagai tombak pembangunan Bangsa

 Pancasila sebagai tombak pembangunan Bangsa
Pancasila merupakan suatu dasar dan pedoman yang harus di ikuti untuk membangun Bangsa dan negara menjadi negara yang jurdil (jujur dan adil). Tapi banyak telah kita lihat pada zaman sekarang ini banyak sekali pemuda dan warga indonesia yang acuh tak acuh tehadap pancasila. Padahal mereka mengetahui pancasila, tetapi tidak mau mengamalkannya, sedangkan mereka merupakan generasi bangsa yang harus aktif dalam melindungi bangsa dan menjadi agen perubahan bagi generasi bangsa dan negara.
   Negara indonesia tidak bisa berdiri teguh tampa adanya pancasila. Mengapa?
Karna pancasila merupakan bentengnya suatu negara yang menjadi penguat atau pelindung bagi indonesia, kita bisa lihat bahwa dulu negara indonesia dijajah oleh negara lain seperti negara belanda dan jepang,
Setelah teks pancasila dibacakan
Pada hari kemerdekaan dari hari itu juga sampai sekarang ini indonesia terbebas dari jajahan. Itulah yqng membuktikan bahwa pancasila menjadi benteng bagi negara.

   Istilah pancasila banyak yang mengartikan bahwa pancasila sebagai dasar negara, sebagai falsafah negara, sebagai ideologi negara, dan sebgai pedoman, dan lain-lain.
Dari uraian diatas dapat kita ketahui bahwa pancasila sangat berperan penting dalam negara indonesia.
   Dengan adanya pancasila semua permasalahan bangsa dapat di selesaikan, dan pancasila mampu menyatukan indonesia dari sabang sampai marauke.
Dan itulah mengapa pancasila disebut juga sebagai alat mempersatukan bangsa. Memang sekarang kita tahu banhwa indonesia sudah bersatu,tapi disebutnya bangsa indonesia bukan untuk masa sekarang saja, tetapi ju ga untuk masa yang akan datang. Selama masih ada generasi-generasi selama itu juga pancasila tetap mnjadi alat pemersatu bangsa dan pasti akan kita perlukan dan butuhkan.
  
  Pancasila menginginkan bahwa indonesia harus bersatu, sebagai mana buktinya dapat kita lihat pancasila pada sila ke tiga " persatuan bangsa" jadi negara indonesia ini harus bersatu dan menempat kepentingan dan keselamatan negara di atas kepentingan pribadi.
   Indonesia memiliki banyak suku yang berbeda-beda, masing-masing suku mempunyai bahasa dan budaya yang berbeda-beda pula.
Inilah yang menjadikan negara indonesia adalah negara yang unik.
Dari banyaknya suku di indonesia pancasila menganjurkan untuk saling mmbeda-bedakan, tidak saling mencaci dan memaki satu sama lain.dan didalam suatu negara di perlukan adanya kekompakan, yang mana dengan kekompakan itu munculnya suatu ketenangan dan ketentraman dalam negara.
 
   Pancasila di rumuskan melalui musyawarah bersama anggota BPUPKI, yang diwakili oleh beberapa wialayah, dengan demikian pancasila betul-betul nilai dan identitas bagi bangsa.
  Ada lima nilai dasar yaitu: " ketuhanan, kemanusia, persatuan, kerakyatan, keadilan."  dari ke lima nilai dasar ini merupakan suatu keperluan untuk hidup di indonesia, warga negara indonesia harus yakin, dan berpedoman kepada pancasila. Karna pancasila merupakan inti dan dasar dari negara.
Bisa kita ambil contoh dari sebuah rumah, bahwasannya jika rumah tampa pondasi, apa yang terjadi? Pasti rumah itu akan roboh. Begitulah juga dengan suatu negara jika di hubungkan dengan contoh diatas, negara diibarakan sebagai rumah dan pacasila sebagai pondasi. Jadi bagaimana rumah tersebut dapat berdiri dengan sempurna tampa ada pondasi, begitu juga dengan negara kita,  tampa pancasila tidak mungkin negara ini dapat bersatu, dan pastinya akan mudah negara lain untuk menguasai kembali NKRI.
  Jadi, sebagai rakyat NKRI, kita harus menjujung tinggi pancasila  dan percaya pancasila lah yang membuat perubahan bagi negara indonesia.
Dan pancasila merupakan keluarga dari NKRI.

Nama    : Helmina
Prodi     : MPI
Semester: I
Asal kampus: STAIN GAJAH PUTIH

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENERAPAN NILAI – NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI

Harapan Para Tokoh di Gayo untuk Kader KAMMI Aceh Tengah

PANCASILA BAGIKU, BAGIMU, DAN BAGI KITA SEMUA